Perbedaan Arsitektur Komputer Dan Organisasi Komputer ,Cara Kerja Struktur Unit Control








Apa itu Arsitektur Komputer Dan Organisasi Komputer ?

Arsitektur Komputer

Arsitektur Komputer adalah sebuah cabang informatika dikategorikan sebagai ilmu dan sekaligus sebagai suatu seni mengenai cara interkoneksi antara berbagai komponen perangkat keras atau hardware secara umum untuk dapat menciptakan sebuah komputer yang dapat memenuhi kebutuhan fungsional, kinerja, dan juga target biayanya tanpa memberikan detail yang banyak setiap fungsionalitas yang berbeda yang terkait dengan seorang programmer.

Arsitektur komputer juga dapat didefinisikan dan dikategorikan sebagai ilmu dan sekaligus seni mengenai cara interkoneksi komponen-komponen perangkat keras untuk dapat menciptakan sebuah komputer yang memenuhi kebutuhan fungsional, kinerja, dan target biayanya.


Arsitektur komputer mempelajari atribut 13 atribut sistem komputer yang terkait dengan seorang programmer, dan memiliki dampak langsung pada eksekusi logis sebuah program.


Contoh : Set Intruksi , Aritmatika yang dipergunakan , teknik pengelamatan , mekanisme I/O


Organisasi Komputer 

Organisasi Komputer adalah bagian yang terkait erat dengan unit 13unit operasional dan interkoneksi antar komponen penyusun sistem komputer dalam merealisasikan aspek arsitekturalnya.Contoh aspek organisasional adalah teknologi hardware, perangkat antarmuka, teknologi memori, dan sinyal 13 sinyal kontrol.


Organisasi Komputer Biasanya mempelajari bagian yang terkait dengan unit-unit operasional komputer dan hubungan antara komponen-komponen sister komputer. Contoh aspek organisasional adalah teknologi hardware, perangkat antarmuka, teknologi memori, dan sinyal 13 sinyal kontrol.

Arsitektur komputer lebih cenderung pada kajian atribut 13 atribut sistem komputer yang terkait dengan seorang programmer. 
                                                                                                                 

Contoh : Teknologi Hardware , Perangkat Antarmuka , Teknologi memori , Sistem Memori

Perbedaan Organisasi Komputer Dan Arsitektur Komputer 




Organisasi Komputer :

1 . Bagian yang terkait dengan erat dengan unit 13 unit operasional



2 . Arsitektur Komputer adalah sebuah teknik yang diterapkan suatu organisasi komputer dalam      melakukan perancangan agar dapat berjalan semana mestinya

Contoh : teknologi hardware, perangkat antarmuka, teknologi memori, sistem memori, dan sinyal        sinyal control


Arsitektur Komputer :

1 . Atribut 13 atribut sistem komputer yang terkait dengan seorang programmer



2 . Organisasi Komputer adalah kumpulan kumpulan unit Operasional pada komputer yang telah               melakukan kerja sama untuk mencapai satu tujuan.

Contoh : Set instruksi, aritmetika yang dipergunakan, teknik pengalamatan, mekanisme I/O








Cara Kerja Struktur Unit Kontrol




Control Unit adalah salah satu bagian di dalam Central Processing Unit (CPU) yang berfungsi sebagai pengatur dan mengatur dan pengendali semua peralatan komputer. Control Unit juga mengatur kapan alat input menerima data, mengolah, dan menampilkan proses serta hasil pengolahan data. Dengan demikian semua perintah dapat dilakukan secara berurutan tanpa adanya tumpang tindih antara satu perintah dengan perintah lainnya. Tugas itu dilakukan oleh control unit dengan memanfaatkan tiga komponen yang ada di dalamnya.



Komponen-komponen tersebut adalah :


1. Sequence Logic

Sequence berarti urutan, sedangkan logic berarti suatu yang dapat diterima pikiran atau akal manusia, jadi dapat diartikan, sequencing logic berarti proses pengurutan langkah-langkah kerja komputer secara logis. Dalam teori sirkuit digital, sequence logic adalah tipe sirkuit logis dimana outputnya tidak hanya bergantung pada nilai input sinyal yang akan datang, akan tetapi juga nilai input di sudah ada terlebih dahulu. mudahnya, sequence logic adalah rangkaian  digital yang digerakkan untuk mengatur urutan operasi internal CPU.

2. Control unit Register and Decoders

Control unit Register and Decoders ialah register tempat meletakkan dan menerjemahkan instruksi. Instruksi yang dimaksud disini ialah instruksi yang dapat dimengerti oleh CPU diatasnya.

3. Control Memory

Control Memory ialah tempat terdapatnya program ataupun mikroprogram yang dapat menggerakkan proses sequencing sampai peletakkan dan penerjemahan instruksi.





Masukan-masukan unit control:

Clock / pewaktu

pewaktu adalah cara unit control dalam menjaga waktunya. Unit control menyebabkan sebuah operasi mikro (atau sejumlah operasi mikro yang bersamaan) dibentuk bagi setiap pulsa waktu. Pulsa ini dikenal sebagai waktu siklus prosesor.

Register instruksi

opcode instruksi saat itu digunakan untuk menentukan operasi mikro mana yang akan dilakukan selama siklus eksekusi.

Flag

flag ini diperlukan oleh unit control untuk menentukan status prosesor dan hasil operasi ALU sebelumnya.

Sinyal control untuk mengontrol bus


Bagian bus control bus system memberikan sinyal-sinyal ke unit control, seperti sinyal-sinyal interupsi dan acknowledgement.









Fungsi Control Unit (CU)




1 . Mengatur dan mengendalikan alat alat input dan output

2. Mengambil instruksi dari main memory

3. Mengambil data dari main memory kalau dibutuhkan proses


4. Menyimpan hasil proses ke main memory




Cara Kerja Control Unit




Control unit mengatur kapan alat input menerima data dan kapan data diolah serta kapan ditampilkan pada alat output. Control Unit mengartikan instruksi-instruksi dari program komputer, membawa data dari alat input ke main memory, mengambil data dari main memory untuk diolah. Bila ada instruksi untuk perhitungan aritmatika atau perbandingan logika, control unit mengirim instruksi tersebut ke aritmetic and logic unit. Hasil dari pengolahan data ini dibawa oleh control unit  ke main memory lagi untuk disimpan.




Secara ringkas nya cara kerja Control Unit terdiri dari 4 tahap :


1 . Control unit mengatur kapan alat input menerima data dan kapan data diolah serta kapan ditampilkan pada alat output.

2 . Mengatur dan mengendalikan alat-alat input dan output.

3 . Mengambil intruksi-intruksi dari main memory.


4. Hasil dari pengolahan data ini dibawa oleh control unit  ke main memory lagi untuk disimpan.




Sekian tugas saya dari matakuliah Aristektur Komputer semoga artikel ini bisa bermamfaat kedepannya bagi orang banyak  .



Sumber


Wikiwoh - Arsitektur Dan Organisasi Komputer
       
Student Blog Dinus - Perbedaan Arsitektur Komputer Dan Organisasi Komputer

Jarkom Tech - Cara Kerja Control Unit
Informasi Dan Tutorial - Cara Kerja Control Unit Dan Fungsi CU

Moci Gula Batu - Control Unit Dan Cara Kerjanya

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama